10/04/12

Saing Ketat (part1)

Ternyata ngga cuman celana aja yang bisa main ketat-ketatan. Persaingan dalam dunia bisnis juga bisa berlangsung ketat, sangat ketat, bahkan hampir sobek. Halah!

Pada Saing Ketat bagian pertama ini, gw mau membahas tentang persaingan-persaingan ketat antara dua klub sepak bola, dua apparel  olahraga kenamaan, dan dua perusahaan otomotif dunia.
















Siapa yg ngga tau kedua klub sepak bola ini? Orang yg ngga gila bola aja tau. Barca dan Madrid adalah dua klub sepak bola tersukses di Spanyol. Wajar aja kalo Liga Spanyol hampir selalu didominasi sama dua klub ini. Buat yg belum tau, markas FCBarcelona itu di Barcelona dan Real Madrid itu di Madrid. *krik*

Konon kata konon, persaingan keduanya adalah persaingan klub sepak bola yang paling sengit di dunia. Makanya ngga heran, kalo keduanya lagi ketemuan alias lagi main bareng (biasa di sebut el clasico), pasti semua penggila bola pada nonton, ngga peduli walopun mereka bukan suporter salah satunya sekalipun.

Ngomongin soal prestasi, keduanya sangat bersaing. Bedanya, masa kejayaan Real Madrid terjadi lebih dulu dibanding yang Barcelona belakangan ini lagi menikmati masa jayanya. Untuk gelar Liga Spanyol, Real Madrid punya 31 piala berbanding 21 piala punya barcelona. Untuk gelar Liga Champions, Real Madrid punya 9 piala berbanding 4 piala punya Barcelona. Sedangkan untuk gelar Copa del Rey, Barcelona lebih unggul 25 piala dibanding 18 piala Real Madrid. Dari sini terlihat bahwa perolehan piala mereka sangat bersaing.

Meskipun Real Madrid jelas masih unggul di banding Barcelona, tapi karna belakangan ini Barcelona lebih banyak mendominasi perlohan piala dibanding Real Madrid, maka orang pun banyak yang menganggap Barcelona adalah klub sepak bola terbaik saat ini.


2. NIKE vs adidas








Nyambung dari bahasan No.1, kedua klub diatas didukung sama dua pabrikan apparel dan peralatan terkenal yaitu Nike dan Adidas yang juga sama-sama bersaing, dimana Nike megang Barcelona dan Adidas megang Real Madrid. Nike berasal dari Amrik dan Adidas dari Jerman. Nike didirikan oleh William J. Bowerman dan Philip H. Knight sedangkan Adidas didirikan oleh Adolf Dassler, yang diplesetin jadi Adidas. Lambang Nike berupa tanda centang dan lambang Adidas berupa tiga strip paralel.

Pada awalnya Nike mendominasi wilayah Amerika dari olahraga basket dan tenis, sedangkan Adidas mendominasi wilayah Eropa dari sepak bola. Namun semua itu berubah ketika negara api menyerang. Nike dan Adidas akhirnya menjangkau berbagai cabang olahraga lainnya dan sama-sama melebarkan sayapnya hingga ke seluruh dunia.

Entah disengaja apa ngga, keduanya juga selalu mendukung klub sepak bola yang saling bermusuh-buyutan. Nike megang Barcelona, Adidas megang Real Madrid. Nike megang Manchester United, Adidas megang Liverpool. Nike megang Juventus, Adidas megang AC Milan. Nike megang Brasil, Adidas megang Argentina. Nike megang Portugal, Adidas megang Spanyol. Nike megang Korea Selatan, Adidas megang Jepang.


3. TOYOTA vs HONDA










Bicara soal merek mobil, sangat aneh kalo kita ngga melibatkan dua pabrikan mobil asal Jepang ini. Yap, Toyota dan Honda termasuk pabrikan mobil terbesar dengan wilayah penjualannya yg hampir di seluruh dunia. Kedua perusahaan ini dikenal karna produk mobilnya yg sudah memasyarakat dan merupakan pilihan yg cukup bijak karna banyaknya suku cadang yg tersedia dan nilai jual kembalinya yg masih tinggi.

Toyota didirikan terlebih dahulu oleh Kiichiro Toyoda, sebelum Honda yang didirikan oleh Soichiro Honda. Keduanya sama-sama memproduksi mobil dengan target pasar yang luas, mulai dari kategori kelas menengah sampai kelas atas. Makanya ngga heran kalo kedua perusahaan otomotif ini selalu bersaing ketat di setiap kelasnya.

Hal ini bisa dilihat dari berbagai produk mobil keluarannya dari waktu ke waktu. Untuk mobil jenis APV (All Purpose Vehicle), Toyota punya Avanza sedangkan Honda punya Freed. Untuk kelas SUV (Sport Utility Vehicle), Toyota punya Fortuner, Honda punya CR-V. Untuk kelas Hatchback (APV kecil), Toyota punya Yaris, Honda punya Jazz. Untuk kelas mobil keluarga, toyota punya Kijang Innova, Honda punya Odyssey. Untuk kelas sedan mewah, Toyota punya Camry dan Altis, sedangkan honda punya Accord dan Civic. Bahkan untuk kategori mobil hybrid, Toyota punya Prius dan Honda punya Insight.

Di Indonesia sendiri, ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Toyota dipegang oleh  PT. Toyota Astra Motor (TAM), sedangkan Honda dipegang oleh PT. Honda Prospect Motor (HPM).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar