14/03/12

Stages of Life



Banyak orang bilang kalo hidup ini cuman sekali lah, kalo hidup ini cuma sebentar lah, kalo hidup ini cuman mampir lah, kalo hidup ini cuman permainan lah, dst. Tapi emang iya, coba deh diinget, dari kita kecil ampe sekarang, kayanya kok cepet amat yah.. Tau tau masuk SD, tau tau udah SMA, tau tau udah kuliah, tau tau udah nikah, eh kok tau tau udah tua yah.. Nah berarti kan disadari apa ngga, dipikirin apa ngga, sebenernya hidup ini berjalan sangat cepat walau keliatannya lambat. Temen kecil kita yang dulu masih ingusan, eh sekarang udah jadi dokter. Yang dulu anak dokter, eh sekarang masih ingusan, eh maksudnya lagi pilek. hehe..

Bicara soal perubahan yang terjadi dalam hidup, pasti ada perbedaan di tiap-tiap tahapan tsb. Kaya ilustrasi diatas, ada enam gambar tentang tahap-tahap dalam kehidupan pada umumnya. Tapi syarat dan ketentuan berlaku, yaitu apabila panjang umur.
Gambar 1 itu saat kita masih bocah alias anak-anak. Disuruh makan susah, disuruh tidur susah. Taunya cuman jajan, main balon, dan tidur. (diulang 3x)
Gambar 2 itu saat kita remaja. Disuruh makan nambah, disuruh bangun susah. Masanya kita menjadi sok dewasa, ga mau diatur, sedikit alay, merasa paling benar, mulai mencari jati diri, dan yang pasti udah mengenal apa itu cinta. Halah!
Gambar 3 itu saat kita beranjak dewasa beneran. Di tahap ini kita udah mulai serius ngejalanin hidup, udah mulai menata-nata mau dibawa kemana hubungan kita, ealah maksudnya mau dibawa kemana hidup kita. Masa-masanya nyari kerja, banting tulang, nyari pendamping hidup (ceileh!), dan nyari-nyari yg lain.
Gambar 4 itu saat kita udah (dianggap) tua, atau bahasa alusnya klasik. Kulit udah menjadi keriput, mata semakin mengecil, rambut mulai memutih, makan maunya bubur, jalan udah mulai tertatih, dan kita menjadi lebih tua daripada anak cucu kita. (jiahhh!)
Gambar 5 itu saat kita semakin menyadari bahwa semua yang hidup pasti akan mati. Dan yang paling menyedihkan ya kalo ditinggal pasangan hidup kita yang udah setia mendampingi kita dari sejak dulu. But, life must go on!
Gambar 6 itu saat kita (nah lo, kok orangnya abis?) mati juga alias meninggal alias wafat alias metong. Ibaratnya kita nyusulin pasangan kita. Walopun ngga mesti yang mati harus nunggu tua dulu sih. Mati kan bisa siapa aja, kapan aja, dimana aja, dan dengan cara apa aja. Waspadalah!

Gw sempet baca twit dari @pajamajokes, isinya gini :
"Stages of life: 1) U believe in Santa Claus. 2) U don`t believe in Santa Claus. 3) U are Santa Claus. 4) U look like Santa Claus."

kaya ada nyang ngomongin gw nih..

Sekilas twit ini juga menggambarkan tahapan hidup kita pada umumnya. Coba kita bahas sedikit.
1) U believe in Santa Claus.
Ini tahapan ketika kita masih anak-anak. Kita percaya sama Santa Claus, bahwa beliau adalah orang yang baik dan dermawan yang selalu datang memberi hadiah kepada kita. Kaya misalnya kalo kita ngegantungin kaos kaki kiri dijendela kamar sebelum tidur, maka diam-diam ketika kita tidur Santa Claus akan menghadiahi kita berupa kaos kaki kanan.
2) U don`t believe in Santa Claus.
Ini tahapan ketika kita memasuki masa remaja. Kita mulai sadar bahwa sesungguhnya Santa Claus itu ngga ada. Dan sepertinya itu cuman mitos, dongeng atau kata konon. "Nah, lalu pas kita kecil tadi Santa Claus mana yang dengan isengnya ngasih hadiah kaos kaki kanan?" Oh, ternyata Santa Claus itu adalah orang tua kita sendiri. (gubrak!)
3) U are Santa Claus.
Nah, ditahapan inilah orang yang iseng naroh kaos kaki tadi. (Huss!! ga boleh gitu, ga sopan!) Intinya sih, di masa ini kita mulai memiliki sifat dari Santa Claus, yaitu suka memberi sesuatu, entah itu yang sifatnya menolong atau sebatas memberi hadiah. Kita udah dewasa, punya pekerjaan, punya keluarga, kehidupan mulai mapan, dan udah mulai bisa mensyukuri hidup dengan banyak memberi.
4) U look like Santa Claus.
Di tahap terakhir ini, kita udah menjadi orang tua yang beneran tua. Hal ini ditandain dengan jalan kita yang semakin tergopoh dan jenggot kita yang semakin lebat (kalo ga dicukur), yang warnanya memutih layaknya Santa Claus. Udah deh, tinggal pake kostumnya Santa Claus sambil bawa delman, dijamin dah ga bakal bisa terbang itu kuda. *krik*

Ya, gitulah kira-kira tahapan-tahapan yang mudah-mudahan terjadi dalam hidup kita (kalo umurnya panjang). Dan kalo ternyata jalan hidup kita ngga atau belum semanis tahapan-tahapan diatas, ya nikmatilah. Karena hidup ini bukan soal enak apa ngganya, bukan soal ada uang trus bisa makan enak apa ngganya. Hidup ini adalah tentang bagaimana kita bisa mensyukurinya karena hidup ini ngga lama. Cuman sebentar.

1 komentar: